Selasa, 02 Januari 2018

SEJARAH NETSCAPE

Netscape Navigator didasarkan pada Web Browser Mosaic, yang ditulis oleh Marc Andreessen , seorang karyawan paruh waktu dari Pusat Nasional untuk Aplikasi Supercomputing dan seorang mahasiswa di University of Illinois . 
Setelah lulus pada tahun 1993,Andreessen pindah ke California dan di sana bertemu Jim Clark , pendiri dari Silicon Graphics . 
Clark percaya bahwa browser Mosaic memiliki kemungkinan komersial yang besar dan memberikan bibit uang. 
Lalu terbentuklah Mosaic Communications Corporation yang berpusat di Mountain View , California , dengan Andreessen sebagai wakil presiden. 
Sejak University of Illinois tidak senang dengan menggunakan perusahaan dari nama Musa, perusahaan ini berganti nama menjadi Netscape Communications (dipikirkan oleh perwakilan penjualan Greg Sands) dan mempunyai nama andalan web browser Netscape Navigator.

Netscape mengumumkan dalam siaran pers pertama (13 Oktober, 1994) bahwa itu akan membuat Navigator tersedia tanpa biaya untuk semua pengguna non-komersial, dan versi Beta versi 1.0 dan 1.1 memang bebas didownload pada bulan November 1994 dan Maret 1995, dan versi penuh 1.0 yang tersedia pada Desember 1994. 
Karena Kebijakan awal perusahaan Netscape Navigator adalah tentang "menarik", karena ia mengklaim bahwa itu akan membuat Navigator bebas tersedia untuk non-komersial sesuai dengan gagasan bahwa perangkat lunak internet harus didistribusikan secara gratis.

Namun, dalam waktu 2 bulan setelah siaran pers itu, Netscape ternyata terbalik tentang kebijakan pada yang dengan bebas bisa mendapatkan dan menggunakan versi 1.0 , dengan menyebutkan bahwa hanya lembaga-lembaga pendidikan dan non-profit yg dapat menggunakan versi 1.0 tanpa biaya.

Pembalikan itu lengkap dengan ketersediaan versi 1.1 beta pada tanggal 6 Maret 1995, di mana siaran pers menyatakan bahwa rilis 1.1 akhir akan tersedia tanpa biaya hanya untuk penggunaan akademis dan organisasi non-profit. 
Hilang sudah gagasan diungkapkan dalam siaran pers pertama yang katanya Navigator akan tersedia secara bebas dalam perangkat lunak Internet. 
Beberapa ahli keamanan dan kriptografer menemukan bahwa semua versi Netscape merilis memiliki masalah keamanan utama dengan menerjang browser dengan panjang URL dan 40 bit kunci enkripsi.

Beberapa rilis pertama dari produk dibuat tersedia dalam "komersial" dan versi "evaluasi", misalnya, versi "1.0" dan versi "1.0N". 
"N" versi evaluasi benar-benar identik dengan versi komersial; 
surat itu ada untuk mengingatkan orang untuk membayar browser setelah mereka merasa bahwa mereka telah mencoba cukup lama dan merasa puas dengan itu. 
Perbedaan ini secara resmi dijatuhkan dalam waktu satu tahun dari rilis awal, 
dan versi lengkap dari browser terus dibuat dan tersedia untuk online gratis, dengan versi kotak yang tersedia pada disket (dan kemudian CD) di toko-toko bersama dengan periode dukungan telepon . 
Dukungan email awalnya bebas, dan tetap demikian selama satu atau dua tahun sampai volume permintaan dukungan tumbuh terlalu tinggi.

Selama pengembangan, browser Netscape dikenal dengan nama kode Mozilla , yang menjadi nama Godzilla -seperti seekor naga kartun maskot yang digunakan dengan jelas di situs web perusahaan. Nama Mozilla juga digunakan sebagai User Agent- in HTTP oleh browser. 
Web browser lainnya diklaim kompatibel dengan ekstensi Netscape ke HTML, dan karena itu menggunakan nama yang sama di User-Agent mereka, sehingga pengidentifikasi web server akan mengirim mereka halaman yang sama seperti yang dikirim ke browser Netscape. 
Mozilla sekarang menjadi nama generik untuk hal-hal terkait dengan open source pengganti Netscape Communicator. 


Sumber: http://asal-usul-motivasi.blogspot.co.id/2011/11/asal-usul-sejarah-netscape-navigator.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH NETSCAPE

Netscape Navigator didasarkan pada Web Browser Mosaic, yang ditulis oleh Marc Andreessen , seorang karyawan paruh waktu dari Pusat Nasional ...